TUGAS 10: TEXT EDITOR

 TUGAS 10

TEXT EDITOR "SCRIBBLES"

Pada post ini saya akan membahas tentang Text Editor. Text Editor adalah aplikasi yang berguna dalam mengedit, menyunting, atau menyimpan teks sederhana. Penggunaan aplikasi ini mirip dengan Notepad di Windows. Nah, kali ini saya akan mencoba untuk membuat sebuah aplikasi Text Editor yang saya beri nama Scribbles. Scribbles dalam bahasa Indonesia berarti coretan. Hal ini dikarenakan memang pada dasarnya aplikasi ini berguna untuk menulis catatan singkat, mencatat lintasan ide-ide, tulisan-tulisan ringan yang tidak memerlukan terlalu banyak perlakuan seperti di Microsoft Word.

Dalam penulisan program untuk aplikasi Scribbles ini saya menggunakan bahasa pemrograman Java dan IDE BlueJ. Program ini hanya memiliki satu class yaitu Text Editor. Dalam pembahasan saya akan membagi dua bagian. Bagian pertama adalah source code aplikasi Scribbles. Bagian kedua adalah tampilan Scribbles dan contoh penggunaan serta pengimplementasian yang akan ditampilkan melalui gambar-gambar.

1. Source Code Text Editor "Scribbles"


2. Tampilan dan Contoh Penggunaan Text Editor "Scribbles"
    a. Tampilan Awal
    Ini adalah tampilan awal dari Scribbles. Terlihat di sana ada menu File, Edit, dan Close.


    b. Menu File Scribbles
    Di dalam menu File ada 4 submenu yaitu New, Open, Save, dan Print.


    c. Menu Edit Scribbles
    Di dalam menu File ada 3 submenu yaitu Cut, Copy, dan Paste.


    d. Menulis di Scribbles
    Di sini saya mencoba untuk menulis potongan lirik lagu Stand by Me dari Oasis.


    e. Menyimpan File
    Setelah menulis di Scribbles, saya ingin file tersebut disimpan di Documents


    Ketika ada sesuatu yang ingin ditambahkan pada teks dan Anda sudah terlanjur berada di jendela
    Save ini maka Anda bisa membatalkannya dengan memilih Cancel. Kemudian, Anda akan
    dikembalikan pada panel awal dengan sebuah pesan notifikasi "You aborted the operation".


Demikian, post saya kali ini tentang aplikasi Text Editor "Scribbles". Selamat mencoba!

Referensi

Comments

Popular posts from this blog

EAS (FINAL PROJECT): PHOTO EDITOR

TUGAS 6

TUGAS 9: PENANGANAN ERROR (ERROR HANDLING)